ADS

Tarawih Berdurasi 8 Jam



Jika di Blitar ada tarawih kilat yang hanya membutuhkan waktu 10 menit, di Magetan justru ada tarawih yang mencapai 8 jam lamanya. Tarawih 8 jam itu ada di Masjid Darussalam Pondok Pesantren Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan.

"Masih ada sampai sekarang setiap puasa Ramadhan rutin tarawih 8 jam," kata salah satu imam tarawih 8 jam, Ma'ruf (18) kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Menurut Ma'ruf, tarawih dengan durasi terpanjang di Magetan itu sudah ada sejak lima tahun terakhir. Yang menjadi jemaah yakni santri ponpes maupun warga Desa Temboro.

Tarawih 8 jam bisa diikuti siapa saja. Baik jemaah muda maupun tua. Namun syaratnya semua jemaah harus hafal Alquran

"Tradisi ini sudah sekitar lima tahun ini. Untuk jemaah usia muda dan tua yang penting sudah mampu hafal 30 juz Alquran," imbuhnya.

Pelaksanaan tarawih 8 jam di Ponpes Al Fatah tersebut dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama terdiri dari para ustaz dan warga umum. Jumlahnya sekitar 30 jemaah. Sedangkan kelompok kedua dan ketiga terdiri dari para santri. Mereka tarawih secara terpisah meski berada di dalam satu lokasi yakni Masjid Darussalam. Masjid Darussalam mempunyai luas sekitar 2 hektare sehingga ketiga kelompok ini tidak saling terganggu saat salat tarawih.

"Ada tiga kelompok dalam salat tarawih delapan jam. Satu kelompok khusus ustaz dan warga umum perkampungan. Kemudian dua kelompok khusus santri," tambahnya.

Ma'ruf menambahkan dua kelompok santri yang melaksanakan tarawih 8 jam berada dalam satu lokasi berdekatan. Mereka hanya dipisahkan kain pembatas berwarna hijau. Kemudian dua kelompok tersebut berjarak sekitar 100 meter dari kelompok tarawih ustaz.

Yang membedakan kelompok ustaz dengan santri yakni terlihat pada cara mereka membacakan ayat-ayat Alquran saat salat. Di kelompok ustaz, baik imam maupun makmum membacakan ayat suci tanpa memegang Alquran karena sudah hafal. Sedangkan di kelompok santri, semuanya salat sambil membaca Alquran.

"Yang kelompok santri pemula salat tarawih delapan jam di sana ada dua kelompok satu lokasi. Hanya berbatas kelambu depan dan belakang saja. Kalau santri pemula ini baru hafal Alquran," kata Ma'ruf sambil mengantar wartawan ke lokasi salat dua kelompok santri pemula.

Imam salat tarawih delapan jam asal Medan itu mengaku setiap kelompok memiliki enam imam yang memimpin salat secara bergantian. Setiap imam mendapat jatah lima juz Alquran yang dibaca saat tarawih. Jadi, lamanya durasi tarawih lantaran mereka harus menamatkan 30 juz Alquran dalam setiap tarawih. Tak hanya para santri, tarawih 8 jam itu juga digelar di asrama santriwati.

"Untuk wanita juga ada tapi detailnya saya kurang tahu terpisah masjidnya," lanjutnya.

Seperti pantauan wartawan di ponpes, salat tarawih delapan jam dengan bacaan 30 juz Alquran memiliki jeda istirahat setiap pergantian imam. Selain kelompok tarawih 8 jam, di Ponpes tersebut juga terdapat kelompok tarawih dengan durasi lebih pendek dengan hanya membacakan 1 juz Alquran setiap malamnya.

Salat tarawih dengan bacaan 1 juz Alquran itu berdurasi sekitar satu jam. Ada dua kelompok yang melaksanakan tarawih satu jam tersebut. Yakni di ruang utama masjid dan di ruang sebelah utara kelompok tarawih delapan jam para ustaz.




***




Detik Com
(sun/bdh)

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...