ADS

Curah Hujan Tinggi, Tebing Longsor


PONOROGO – Tingginya curah hujan yang mengguyur Wagir Lor, Ngebel menyebabkan longsor. Material di atas tebing setinggi 20 meter berguguran menutup total jalan penghubung Ngebel-Pulung.

Runtuhnya bebatuan dan pinus juga menyebabkan dua tiang listrik tumbang. Insiden sekitar pukul 01.00 dini hari itu membuat arus listrik ke desa-desa sekitar terputus total. Pemadaman pun masih berlangsung seharian karena menanti perbaikan tiang. ‘’Evakuasi baru kita mulai siang,’’ terang Koordinator TRC-PB BPBD Ponorogo Hadi Susanto.

Hadi mengatakan proses evakuasi terkendala cuaca. Lantaran hujan masih terus mengguyur hingga pagi. Evakuasi dilakukan bersama petugas gabungan dari Polsek, Koramil, PLN, BPBD beserta warga setempat. ‘’Jalanan yang tertimbun longsor sepanjang sepuluh meteran sudah steril. Tetapi, aliran listrik di Talun masih menunggu perbaikan,’’ urainya.

Longsor kali ini, sebut Hadi, lebih besar dari sebelumnya. Intensitas hujan yang tinggi tak mampu terserap dengan baik lantaran pohon di atas tebing mulai berkurang. Mengantisipasi longsor susulan terus dilakukan pantauan. Sekaligus memasang tanda larangan bagi warga yang hendak melintasi lokasi ketika hujan. ‘’Kami mencegah jatuhnya korban jiwa,’’ tegasnya. (mg7/fin)



***




Radar Madiun

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...