ADS

Siswa SD di Madiun Meninggal saat Ikuti Ekstrakurikuler


MADIUN -- Seorang siswa kelas III SDN Bandungan, Madiun, Dwi Pradana Putra, 10, meninggal dunia saat mengikuti ekstrakurikuler renang di kolam renang Tirta Ulandari, Desa Kaligunting, Kecamayan Mejayan, Kabupaten Madiun, Rabu (10/4/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolsek Mejayan, AKP Pujiono, mengatakan sebelumnya Putra bersama 42 murid SDN Bandungan 2, Kecamatan Saradan, Madiun, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler renang di kolam renang Tirta Ulandari, Rabu pagi. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut didampingi dua orang guru dari sekolah tersebut.

"Sebelum berenang, seluruh murid dan guru ini melakukan pemanasan lari memutari kolam dua kali. Setelah pemanasan, kegiatan renang dibagi dua kelompok. Yang pertama murid perempuan dulu yang renang. Sedangkan murid laki-laki menunggu giliran di pinggir kolam," kata dia, Rabu sore.

Sambil menunggu giliran renang, korban bersama murid lainnya bermain di saluran buangan air di pinggir kolam. Untuk kedalamannya sekitar 20 cm.

Saat bermain-main air itu, kata Kapolsek Mejayan, tiba-tiba korban tengkurap di saluran air kolam dengan kondisi tubuh lemas. Teman-teman korban kemudian melaporkan hal itu ke guru pendamping.

"Korban ini bukan tenggelam. Dugaannya kebanyakan minum air. Korban ini bermain di saluran pembuangan air yang kedalamannya 20 cm," ujar Pujiono.

Selanjutnya, guru pendampingnya membawa Putra yang kondisinya lemas ke Polindes untuk mendapatkan pertolongan pertama. Tetapi, saat itu bidan Polindes tidak berani menangani dan menyarankan agar dibawa ke rumah sakit.

Saat dibawa ke rumah sakit Panti Waluyo Caruban, Putra diketahui sudah meninggal dunia.

Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan tim medis RS Panti Waluyo Caruban, jelas dia, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan atau kekerasan di tubuh bocah tersebut. Kuat dugaan Putra meninggal dunia karena ada penyumbatan pernapasan.

"Pihak keluarga korban telah menerima kejadian ini sebagai musibah dan tidak menuntut siapa pun terkait kejadian ini," ujar dia.


***




SoloPos

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...