ADS

Jalan Raya Ponorogo-Pacitan Retak 350 Meter



HRNews-- Retakan jalan yang dimaksud tepatnya berada di Dusun Bukul, Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Sebelumnya, retakan dilaporkan hanya 150 meter dan ambles 40 sentimeter. Saat ini retakan mencapai 350 meter dan amblesnya juga bertambah.

Menurut Kanit Laka Sat Lantas Polres Ponorogo, Iptu Badri pada Selasa (2/4/2019) awalnya retakan hanya 150 meter akan tetapi Sekarang panjangnya sudah mencapai 350 meter. dari kejadian ini ada hal yang lebih membahayakan bagi pengguna jalan yakni setiap hari tanah ambles di tempat tersebut sepanjang 1 sentimeter.

"Kemarin laporannya ambles 40 sentimeter. Saat ini sudah lebih dari 40 sentimeter. Kan tiap hari amblesnya 1 sentimeter,” ujarnya.

Untuk sementara ini, buka tutup tetap diberlakukan di kawasan ini. Karena jika tetap dibuka dua jalur dikhawatirkan jalur akan semakin ambles.

"Kita buat buka tutup dahulu. Nanti kalau semakin ambles jika dibuka dua jalur," tegasnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono membenarkan jika retakan dan amblesnya jalan tersebut sudah sangat parah.

"Jalur setiap hari ambles. Semakin turun," kata Setyo Budiono.

Menurutnya, tanah yang ambles akan parah apalagi jika hujan mengguyur lokasi. Jika hujan yang mengguyur deras, amblesnya bisa mencapai 5 sentimeter.

Diduga penyebab retak dan amblesnya jalan tersebut dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi di lokasi tersebut. Selain itu, di sekitar lokasi sering terjadi tanah ambles dan rawan longsor.

"Kalau hujan deras, amblesnya jalur bisa sampai 5 sentimeter. Dan ini masih saja hujan disini," kata mantan Kasubag Humas Pemkab Ponorogo ini.


***




JatimNow

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...