ADS

2020 Pasar Legi Harus Rampung Dibangun, Ini Anggarannya




Pemerintah pusat akhirnya menggelontorkan anggaran untuk pembangunan gedung Pasar Legi di Kabupaten Ponorogo. Nilai anggaran yang dicairkan mencapai Rp237 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andhanawarih mengatakan anggaran yang disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu senilai Rp237 miliar.

Anggaran yang disetujui lebih rendah dari usulan yang diajukan Pemkab Ponorogo untuk pembangunan pasar terbesar di Kota Reog itu senilai Rp244 miliar.

"Ini karena adanya berbagai review teknis dari Kemen PU PR," kata Addin dalam siaran pers Pemkab Ponorogo yang dikutip Madiunpos.com, Jumat (5/4/2019).
Dia menyampaikan pekerjaan pembangunan gedung Pasar Legi Ponorogoi dibagi menjadi dua tahap. Untuk DED gedung pasar tradisional itu akan dibagi menjadi dua karena memang untuk pembangunan bangunan empat lantai butuh waktu yang lebih dari rencana semula yaitu satu tahun pembangunan.
Untuk pelaksanaan pembangunan gedung Pasar Legi Ponorogo masih menunggu kelengkapan instansi bentukan Kemen PU-PR yang bertugas melakukan pembangunan.

Saat ini Pemkab Ponorogo hanya bisa menunggu kelengkapan struktur organisasi untuk sebuah badan yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pembangunan sejumlah proyek.

Lembaga ini berada di bawah Kemen PU-PR yang akan diisi dari berbagai jajaran terkait.
"Jadi ada lembaga yang isinya bisa dari Perdagkum, dari Dinas Pendidikan atau dari instansi lain. Nah, kita (Ponorogo) masuk zona tengah. Pejabatnya sudah dilantik oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Yaitu sejumlah pejabat eselon II di jajaran Kementerian PUPR. Yang belum terbentuk adalah struktur di bawahnya seperti sekretariat dan staf teknis lainnya. Kalau itu sudah terbentuk, ya kita langsung jalan,” papar Addin.


Diperkirakan kalau lembaga tersebut sudah dibentuk maka dalam waktu dua hingga tiga bulan pembangunan gedung pasar bisa segera dimulai. Dan sesuai rencana tahun 2020 gedung Pasar Legi sudah selesai dibangun.

***




Keterangan Gambar: Pasar Legi sebelum terbakar.
Solopos

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...