ADS

Nasi Ungu, Nasi Enak, Nasi Sehat



Salah satu yang menggiurkan ketika perut lapar adalah makan enak. Makan enak sering kali meninggalkan efek yang tidak baik bagi beberapa orang yang memiliki riwayat gangguan kesehatan yang kambuh jika makan enak, terlebih berhadapan dengan lemak. Apalagi makan enak identik dengan lemak dan sesuatu yang menjadi sebab darah tinggi.

Namun, dalam liputan dibawah ini kru Jatimnow dot Com mencoba eksplorasi makan enak bebas lemak, dengan sebutan "Nasi Ungu". Baca beritanya dibawah ini.

Lezatnya Nasi Ungu, Cocok Untuk Program Diet

jatimnow.com – Menikmati ayam bakar atau telur mata sapi dengan nasi putih merupakan hal lumrah. Tetapi bila menggunakan nasi ungu berbahan dasar ubi ungu, hem… mungkin belum biasa.

Bagaimana kelezatannya? Berikut liputannya…

Siapa yang tidak tahu dengan khasiat dari ubi ungu. Ya ubi ungu salah satu menu diet yang cocok. Selain mengandung karbohidrat yang cukup kompleks, ubi ungu juga memberikan efek yang mengenyangkan bagi penikmatnya. Sehingga tahan lama.

Vitamin, serat, dan mineral yang tak terhitung jumlahnya dari ubi jalar sebenarnya bisa jadi makanan alternatif pengganti nasi. Warna ungunya yang mengundang selera, menambah nikmat nasi ubi ungu.

“Mudah kok sebenarnya buat nasi ungu. Saya buat itu karena banyak yang tanya menu diet,” kata Gongot Risbianto, pencipta nasi ungu saat dijumpai di kawasan mall di Ponorogo, Sabtu (12/1/2019).

Diakui Gongot, dirinya yang merupakan penggemar olahraga fitnes harus terus mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga dirinya penasaran dengan manfaat kabohidrat yang berasal dari ubi ungu.

“Kan yang sehat biasanya gak enak di mulut. Saya ekspresimen lah dan terbuatlah nasi ungu itu,” terangnya.

Untuk proses pembuatan nasi ungu pun sangat mudah dan bisa dipraktikan di rumah. Pertama cukup menyiapkan ubi ungu yang sudah dikukus, daun pandan, garam, santan, gula dan beras.

Kemudian, ubi ungu yang sudah dikukus diblender hingga halus kemudian diambil air dan sarinya. Kemudian sari dan air ubi ungu dicampurkan ke dalam beras dan dicampur menggunakan seluruh bahan yang sudah disediakan. Lalu dimasak layaknya memasak nasi.

"Hidangkan dengan tambahan lauk sesuai selera," ujarnya.

Rahmawati salah satu penikmat nasi ungu mengaku jika dirinya sebenarnya penasaran dengan nasi ungu.

“Apalagi bahannya ubi ungu. Jadi saya kira lebih menyehatkan dari nasi putih biasa,” tambahnya.

Rahmawati mengaku, sensasi nasi ungu berbeda dengan nasi putih biasa. “Lebih gurih daripada nasi putih,” pungkasnya.


Sumber: Jatimnow
Editor: Sandhi Nurhartanto
Reporter: Mita Kusuma
Kredit Gambar: Jatimnow

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...