ADS

Beberapa Manfaat Sehat Makanan Pedas


HR News- Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi makanan pedas? Bila iya, Anda pasti tahu betul dampak "ketagihan" ketika mengonsumsi makanan pedas.

Sensasi ini sebenarnya muncul dari kesukaan manusia terhadap sebuah sensasi. Manusia secara aneh mendapatkan kenikmatan dari hal-hal yang sebenarnya menakutkan dan cenderung menyakitkan. Contohnya adalah sensasi yang didapatkan ketika seseorang menaiki roller coaster atau berlari maratin.

Secara kasar, sensasi ini dapat digambarkan sebagai pertarungan antara pikiran dengan tubuh. Pemenangnya? Tentu pikiran.

Kembali kepada pembahasan makanan pedas. Apakah hanya sensasi yang didapatkan ketika Anda mengonsumsi makanan pedas? Tentu tidak, mengonsumsi makanan pedas memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan berat badan

Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, metabolisme akan meningkat dan berdampak pada penurunan berat badan. Penelitian terkait menunjukkan bahwa senyawa utama cabai, yang disebut dengan capsaicin, memiliki efek termogenik yang dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak.

2. Menyehatkan jantung

Penelitian lain mengenai manfaat mengonsumsi makanan pedas juga mengungkapkan bahwa orang yang terbiasa mengonsumsi makanan pedas memiliki lebih sedikit kejadian serangan jantung dan stroke dibandingkan dengan yang tidak.

Capsaicin dalam cabai bermanfaat sebagai antiinflamasi yang menjadi salah sati faktor risiko dari serangan jantung. Tidak hanya itu, cabai juga dapat mengurangi efek buruk dari kolesterol jahat.

3. Mencegah kanker

American Association for Cancer Research mengungkapkan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker dan leukemik. Rempah-rempah tertentu seperti kunyit yang ditemukan dalam bubuk kari dan mustard dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Kombinasi kunyit dengan lada hitam tentu membuat efeknya menjadi lebih besar.

4. Menurunkan tekanan darah

Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai dapat memperkuat dinding otot jantung. Tidak hanya itu, panas dari lada akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi makanan mengandung cabai dan lada, secara keseluruhan dapat memperbaiki sistem kardiovaskular.

5. Memperbaiki suasana hati

Dengan mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan meningkatkan jumlah hormon serotonin. Dampaknya adalah rasa bahagia akan meningkat dalam diri orang tersebut.

Makanan pedas bahkan dapat membantu meringankan depresi dan stres.

6. Mencegah Parkinson

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Annals of Neurology mengungkapkan bahwa mengonsumsi lada dua kali seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit Parkinson hingga lebih dari sepertiganya.

Hal ini berhubungan dengan kandungan nikotin dalam lada yang dapat mencegah kerusakan saraf.
***



Tautan Asal: Nationalgeographic
Penulis: Gregorius Bhisma Adinaya
Editor: Gregorius Bhisma Adinaya

No comments

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...