BREAKING NEWS

Wednesday, October 18, 2017

Cara Sederhana Mencegah Kepikunan Sejak Dini




Pikun, pada saatnya akan bisa menimpa siapa saja, terlebih jika usia tidak lagi muda. Namun, tidak semua orang tertimpa penyakit ini meskipun usia telah renta. Orang-orang terdahulu, lebih tepatnya nenek moyang kita, sebagian telah melakukan cara untuk mencegah terjadinya pikun diusia senja agar ingatan mereka tetap tajam.

Dalam bahasa medis, pikun biasa disebut dimensia, dimana penyakit ini mempunyai gejala kehilangan ingatan, gangguan penilaian dan perubahan tingkah laku. Dan, jika penyakit dimensia atau pikun ini sudah parah sangat memungkinkan menghilangkan fungsi tubuh.

Juga perlu diingat bahwa, pikun tidak selalu menimpa orang tua, meskipun masih muda bisa saja terkena penyakit pikun ini. Sebab pikun bukanlah bagian dari proses penuaan.

Dibawah ini, mungkin catatan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit dimensia atau pikun ini.

Banyak Membaca dan Menulis
Jangan sampai otak "nganggur" dan diam, latih ketajaman otak dengan banyak membaca dan menulis. Dengan banyak membaca dan menulis akan merangsang sel saraf fungsi otak menjadi semakin baik. Dengan cara ini akan dapat mengatasi kepikunan dan mencegahnya pada usia dini.

Banyak Berpikir
Banyak-banyaklah berpikir dan mengingat karena hal tersebut akan membantu Anda melawan kepikunan pada usia dini.

Banyak Beraktifitas
Dengan beraktifitas akan menjaga tubuh Anda menjadi sehat, tubuh sehat otakpun akan mudah dalam berpikir yang menyebabkan Anda terhindar dari kepikunan. Anda dapat melakukannya dengan berolahraga, tak perlu yang berat cukup yang ringan seperti jalan sehat setiap pagi.

Interaksi Sosial
Penting bagi Anda untuk berinteraksi dengan orang lain, karena dengan banyak menjalin komunikasi dengan orang lain akan membuat Anda lebih berpengalaman dan menambah ilmu pengetahuan. Dengan begitu kemampuan otak Anda juga akan ikut berkembang dan membuat Anda dapat mencegah dan mengatasi kepikunan di usia dini.

Senam Otak
Yang dimaksud dengan senam otak bukanlah membuka isi kepala Anda dan mengambil otak Anda untuk mengikuti senam kesehatan jasmani, ini namanya bunuh diri. Senam otak adalah kegiatan yang memfungsikan otak untuk menggali dan mengingat pengetahuan yang pernah Anda dapatkan. dengan begitu otak Anda semakin terlatih dan sehat sehingga Anda terhindar dari kepikunan di usia dini.

Istirahat yang Cukup
Bukan hanya badan yang perlu istirahat, otak juga perlu. Jangan terlalu memaksakan kapasitas otak Anda dalam berpikir karena hal tersebut malah akan membuat kemampuan dan fungsi otak menurun. istirahat jika Anda merasa sudah tidak sanggup lagi dengan begini Anda akan terhindar dari kepikunan di usia dini.***

Semoga bermanfaat.
Salam "HR".
Semoga kita tetap diberi kesehatan. Amiin...

====================
Sumber asal artikel ini, scan kode berikut


Post a Comment

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

 
Copyright © 2017 HR Ponorogo

Powered by HRGroup