BREAKING NEWS

Tuesday, January 17, 2017

HR News - Konsep Belum Jelas, PKL Segera Ditertibkan


PONOROGO – Pemkab Ponorogo berancang-ancang menata pedagang kaki lima (PKL) kembali. Setelah cukup lama rehat, penertiban pedagang kecil yang menempati bahu jalan dan trotoar rencananya digelar dalam bulan ini. Meski konsep baru penataan belum jelas. ‘’Tim sapu jagat sudah siap. Penertiban juga sudah mulai jalan,’’ kata Kasi Ops Satpol PP Ponorogo Sumartuji.

Kejir –sapaan Sumartuji- menambahkan penertiban sudah dimulai dengan bersih-bersih papan reklame. Selanjutnya bakal menyasar PKL. Kapan waktunya, Kejir belum menyebut. Sebab, koordinasi dengan satuan kerja (satker) terkait baru akan dilakukan pekan ini. ‘’Semua akan kami tertibkan. Sesuai kebijakan, PKL yang melanggar harus pindah ke jalan baru (Jalan Suromenggolo, Red),’’ tegasnya.



Tim sapu jagat terdiri dari dinas sosial, dinas perhubungan, lingkungan hidup, dinas penanaman modal dan perijinan terpadu satu pintu, serta dinas perdagangan koperasi dan usaha mikro (DPKUM). Satpol PP sebagai ketua tim.

Namun, pihaknya tidak dapat sembarangan menertibkan. Butuh rekomendasi dari sejumlah dinas tersebut. Penertiban meliputi PKL, reklame, hingga parkir. ‘’Semua yang direkomendasikan bakal kami tertibkan. Prinsipnya, bupati ingin mengembalikan jalan dan trotoar pada fungsi dan peruntukannya,’’ jelasnya.

Terpisah, Kepala DDPKUM Ponorogo Addin Andanawarih tak membantah konsep relokasi PKL memang belum klir. Bupati memang mewacanakan tempat baru sesuai permintaan PKL yang sebagian besar menolak relokasi.

Kendati begitu, lima tempat yang dipilih sebelumnya tidak berubah. Yakni, aset pemkab di Jalan Suromenggolo, eks RSUD dr Harjono, utara Pasar Songgolangit, eks terminal Tambakbayan, dan aset di Kelurahan Paju.

Namun, untuk sementara PKL diminta menempati Jalan Suromenggolo sembari pembangunan kelima tempat selesai. ‘’Kami belum rapat lagi. Tim (Sapu Jagat, Red) memang sudah dibentuk. Ini sedang kami siapkan sambil melakukan pendekatan ke pedagang agar tidak melanggar aturan,’’ ujarnya. (agi/sat)

Sumber : radarmadiun.co.id



Post a Comment

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

 
Copyright © 2017 HR Ponorogo

Powered by HRGroup