HR News - Jalan Soekarno Hatta Ponorogo Di Ganti Jalan HOS Cokroaminoto

Ponorogo - Jalan Soekarno-Hatta Ponorogo tidak lama lagi bakal berganti nama. Setidaknya, mulai dari perempatan Pasar Legi Songgolan...




Ponorogo - Jalan Soekarno-Hatta Ponorogo tidak lama lagi bakal berganti nama. Setidaknya, mulai dari perempatan Pasar Legi Songgolangit hingga pertigaan Ngepos. Nama jalan rencananya bakal menggunakan nama salah seorang pahlawan kemerdekaan RI, HOS Cokroaminoto.

Pengusulan nama tersebut merupakan ide Bupati Ipong Muchlissoni. Bukan tanpa sebab. Ipong punya alasan kuat mengapa ingin menggunakan nama Cokroaminoto menggantikan Soekarno Hatta. Pahlawan dengan gelar raden mas itu masih memiliki darah Ponorogo. ‘’Jadi Ponorogo itu memiliki Pahlawan nasional. Tapi begitu saya lihat tidak ada nama itu untuk jalan di Ponorogo,’’ kata Ipong.

Menurut Ipong, HOS Cokroaminoto merupakan cucu Kyai Ageng Hasan Besari, dari Pesantren Tegalsari, Jetis. Cokroaminoto kemudian menikah salah seorang putri Keraton Solo. Pun, dia lahir di Ponorogo. Menurut Ipong, pemberian nama HOS Cokroaminoto penting karena Cokroaminoto asli Ponorogo. Namun, jarang diketahui warga Ponorogo. Ipong berharap masyarakat Ponorogo semakin mengenal salah satu pahlawan yang sekampung halaman tersebut. ‘’Dia lahir, dan besar di Ponorogo, sangat disayangkan jika tidak banyak yang mengetahui bahwa dia asli Ponorogo,’’ ujarnya.

Menurut Ipong, pemilihan Jalan Soekarno-Hatta bukannya tanpa alasan. Jalan tersebut cukup panjang. Namun, terpisah perempatan. Pun, sistem jalan Soekarno-Hatta berbeda. Mulai perempatan Pasar Songgolangit ke utara menerapkan sistem dua arah. Sedang, sisanya menggunakan sistem satu arah.

Alasan lain, lantaran HOS Cokroaminoto informasinya pernah tinggal di penggal Jalan Soekarno-Hatta sisi selatan itu. Ipong menyebut, saat ini usulan sudah sampai di meja Kabag Hukum dan Kepala Dishub untuk ditindaklanjuti. ‘’Kalau cukup dengan perbup, ya lanjut, jika harus ada perda maka kami akan segera buat usulannya,’’ terangnya. (mg4/irw)


Sumber : Setenpo

Related

HR FM 543123050724137709

Posting Komentar

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

emo-but-icon

Follow Us

Streaming

HR FM On Tune In

Baru

Populer

Komentar

Rennes Sindikat

Rennes Sindikat

Space Iklan


Connect Us

item