HR News - Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 1437 H Jatuh Pada Tanggal 6 Juli 2016

Hasil Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 H atau Lebaran Idul Fitri 2016 akhirnya diputuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu 6...




Hasil Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 H atau Lebaran Idul Fitri 2016 akhirnya diputuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016. Maka besok Umat muslim di Indonesia masih harus melaksanakan puasa dan Shalat Idul Fitri akan dilaksanakan di hari Rabu 6 Juli 2016.

Sore hari ini Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat guna menentukan awal Syawal atau lebaran Idul Fitri. “Setelah solat Magrib, dilaksanakan sidang isbat yang dilakukan secara tertutup, seperti tahun lalu,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/7/2016) lalu.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Machasin mengatakan kementeriannya bakal menggunakan dua metode, yaitu metode hisab dan rukyat. “Metode ini selalu digunakan, itu juga keputusan MUI (Majelis Ulama Indonesia), dan kami ikut saja,” kata Machasin saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 3 Juli 2016.

Ia menjelaskan, dua metode tersebut saling melengkapi. Metode hisab, kata dia, adalah perhitungan secara teoretis. Sedangkan metode rukyat adalah pengamatan langsung melihat bulan baru. “Dua-duanya digunakan untuk menghitung perjalanan matahari dan bulan,” ujarnya.

Dalam penentuan awal Ramadan, Kementerian Agama juga menggelar sidang Isbat secara tertutup. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman teknis dalam menentukan awal bulan puasa.

Selain itu, sidang digelar tertutup untuk meminimalkan dampak negatif dan menghindari kesalahpahaman pihak yang belum mengetahui prosedur penetapan awal bulan puasa. Gelaran sidang tertutup juga didasarkan pada masukan berbagai organisasi masyarakat Islam.

Kemenag juga telah menyiapkan petugas untuk memantau hilal di beberapa titik. Para petugas itu merupakan petugas yang telah terbiasa memantau hilal selama ini. Adapun, untuk penentuan awal Syawal berdasarkan hitungan hisab, posisi hilal awal Syawal berada di bawah ufuk.

Related

Top 4433985180705587051

Posting Komentar

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

emo-but-icon

Follow Us

Streaming

HR FM On Tune In

Baru

Populer

Komentar

Rennes Sindikat

Rennes Sindikat

Space Iklan


Connect Us

item