BREAKING NEWS

Wednesday, July 6, 2016

HR News - Empat Jalur Di Ponorogo yang Wajib Diwaspadai Saat Melintas



PONOROGO – Pemudik diminta waspada saat melintas di jalur rawan kecelakaan. Satlantas Polres Ponorogo merilis setidaknya ada empat jalur rawan kecelakaan lalu lintas atau black area. Parahnya, empat lokasi rawan itu berada di jalur masuk utama dari luar daerah menuju Ponorogo.

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Andi Yudha Pranata Siboro menuturkan, di Jawa Timur jalur mudik di Ponorogo tidak termasuk kategori jalur utama dan alternatif. Dinas Perhubungan Provinsi Jatim memasukkan jalur di bumi reyog ke dalam ‘jalur lainnya’. Tingkat kepadatan jalur di hari biasa tidak seramai jalur utama. Meski demikian, kepadatan arus ‘jalur lainnya’ bisa melonjak signifikan ketika memasuki masa mudik Lebaran. ‘’Kenaikan kepadatan arusnya bisa setara dengan jalur alternatif,’’ terangnya.

Empat jalur utama masuk Ponorogo yang rawan kecelakaan lalu lintas adalah jalan raya Ponorogo-Madiun di Babadan dan jalan raya Ponorogo-Trenggalek di Sawoo. Juga, jalan raya Ponorogo-Wonogiri yang melewati Sukorejo dan Kauman, serta jalan raya Ponorogo-Pacitan di sepanjang Siman, Balong, hingga Slahung.

Siboro menjelaskan, keempat jalur tersebut tergolong ke dalam black area. Artinya, sepanjang jalur termasuk dalam daerah rawan lakalantas, karena di dalamnya terdapat titik-titik rawan atau black spot. Pun, penyebab sepanjang jalur itu digolongkan rawan lantaran tidak hanya ada satu penyebab. Seperti jalan bergelombang atau minimnya penerangan jalan. Yang paling utama, menurut Siboro, adalah karakteristik jalan. ‘’Jadi, tidak hanya rawan karena ada lubang atau penerangan saja. Namun itu secara keseluruhan, sudah digolongkan dalam daerah rawan,’’ terangnya.

Sumber : www.radarmadiun.co.id

Post a Comment

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

 
Copyright © 2017 HR Group Ponorogo

Powered by HRGroup