BREAKING NEWS

Tuesday, June 7, 2016

HR News - Hindari Tujuh Makanan Berbahaya Ini Saat Berbuka puasa


Selektif memilih hidangan untuk berbuka puasa adalah satu keharusan, karena perut kita yang kosong dalam waktu 6-8 jam ini berpotensi mengalami peningkatan asam lambung.
Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan bijak, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit maag.
Oleh karena itu pastikan periksa apakah menu buka puasa Anda sudah sehat atau justru dapat mengiritasi lambung? Hem, kira-kira apa sajakah makanan yang berpotensi mengiritasi atau mengancam kesehatan lambung? Nah, agar tidak salah pilih menu buka puasa, sebaiknya hindari tujuh makanan berbahaya saat berbuka puasa, berikut ini :

1.    Gorengan
Siapa sich yang tidak tergoda ketika melihat aneka gorengan yang menggoda. Saat bulan ramadhan, gorengan biasa menjadi cemilan wajib yang dikonsumsi bareng es atau minuman manis hangat. Sayangnya, kandungan lemak dalam gorengan dapat membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk memprosesnya. Saat puasa, tubuh kehilangan banyak karbohidrat, air dan protein, akan tetapi tidak untuk lemak. Oleh karena itu, hindari gorengan karena hanya dapat sebabkan kegemukan.

2.    Minum Es/minuman dingin
Minum es memang terasa menyegarkan, apalagi setelah kita menahan dahaga seharian. Akan tetapi, saat kondisi perut kosong, minuman dingin dapat menyebabkan tubuh tidak nyaman. Kenapa demikian? Ternayta saat puasa, suhu tubuh akan menghangat sehingga sangat disarankan kita mengonsumsi minuman hangat saat berbuka.

3.    Makanan Manis berlebihan
Makanan manis memang afdol dikonsumsi saat buka puasa. Akan tetapi, manis disini tidak selalu berarti yang mengandung gula berlebihan, tapi buah kurma yang dapat dicerna tubuh dengan cepat dan mampu mengembalikan energi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula berlebih justru dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

4.    Makanan asam
Makanan asam juga termasuk makanan yang harus  dihindari saat buka puasa. Perut dalam kondisi kosong berjam-jam dapat memicu naiknya asam lambung. Asupan makanan asam dapat memperparah kondisi tersebut bahkan dapat mengiritasi lambung Anda.

5.    Makanan pedas
Tak hanya makanan asam, karena makanan pedas juga harus dihindari saat berbuka puasa, karena sebabkan iritasi dan merusak lambung.

6.    Makanan bersantan kental
Saat perut lapar, makan apa saja akan terasa nikmat, termasuk salah satunya makanan bersantan. Akan tetapi tahukah jika makanan bersantan saat buka puasa berpotensi meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, santan mengandung lemak tak jenuh sehingga dapat mengiritasi lambung dan memicu penyakit maag.


7.    Daging
Saat buka puasa, tubuh kita membutuhkan asupan yang mudah diserap oleh tubuh. Padahal daging termasuk satu makanan yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga sebabkan metabolism menjadi lambat dan memicu obesitas. Kalaupun Anda ingin menikmati daging, pastikan diimbangi dengan asupan serat yang cukup.
Ketujuh makanan diatas mungkin biasa Anda konsumsi saat tidak berpuasa, namun agar tubuh tetap sehat dan fit selama bulan ramadhan, pastikan batasi asupannya yaa….Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa!

Post a Comment

Dilarang Komentar SARA, Melecehkan, merendahkan pihak lain...

 
Copyright © 2017 HR Ponorogo

Powered by HRGroup